Hotspot dengan Fungsi Roaming Menggunakan Mikrotik

Hotspot dengan Fungsi Roaming Menggunakan Mikrotik

Pada artikel ini saya akan sedikit membahas mengenai fitur roaming pada Wifi Hotspot. Tentunya akan sangat menyenangkan bukan apabila kita mempunyai beberapa AP Hotspot dan sudah mendukung roaming, sehingga apabila ada user yang konek ke AP kita tidak perlu login berulang-ulang apabila berpindah tempat dati satu AP ke AP lainya.
Pada prinsipnya kita bisa menggunakan beberapa metode untuk melakukanya, salah satunya adalah menggunakan teknologi VLAN dan menggunakan EOIP tunnel, cara pertama membutuhkan biaya relatif lebih tinggi apabila kita belum mempunyai switch layer 2. Maka solusinya kita gunakan cara kedua, yaitu mengguakan EOIP tunnel. EOIP tunnel merupakan protocol proprietary dari Mikrotik, maka untuk mengkonfigurasinya kita gunakan saja Mikrotik RouterOS, Prinsip kerjanya secara simple dapat di gambarkan seperti berikut. Pertama kita koneksikan beberapa host/perangkat mikrotik router yang akan kita gabungkan ke dalam jaringan hotspot menggunakan EOIP tunnel, selanjutnya kita buat seting hotspot di salah satu mesin Mikrotik tersebut yang kita fungsikan sebagai server hotspot nya, kemudian aktifkan hotspot nya pada interface EOIP tunnel yang tadi kita buat. Secara logic dapat di gambarkan seperti gambar berikut

UGM-Hotspot-networkdiagram

Cuman begitu saja? ya.. memang cuma gitu aja. Karena pembahasanya panjang dan dengan banyak gambar, jadi tidak saya tuliskan disini, dan juga saya pernah menuliskanya di panduan singkat disini maka silahkan di download saja panduanya, dan tinggal di sesuaikan (males nulis ulang) big grin.

2,097 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan