Caching DNS Server di FreeBSD

Caching DNS Server di FreeBSD

dns

Caching Only pada NDS berfungsi untuk menyimpan sementara entri DNS di server DNS, apabila record yang di cari tidak terdapat pada DNS server maka bind akan mem forward ke DNS di atasnya dan apabila record yang di cari sudah ada di cache DNS maka client akan langsung di berikan record DNS tanpa perlu meminta ke DNS server di atasnya. Bayangkan apabila dalam sebuah jaringan yang besar dan hanya terdapat 1 buah DNS server, maka proses di DNS akan tinggi dan otomatis query ke DNS server akan menjadi lambat. disini saya menginstall dns cache satu mesin dengan mesin proxy agar query dari client tidak langsung di lemparkan ke DNS utama dan cukup di layani di server lokal. OS yang saya gunakan disini adalah FreeBSD, walapun pada intinya akan sama saja, tinggal sedikit di sesuaikan saja caranya, untuk menginstall bind saya menggunakan ports dari freebsd, pertama masuk ke direktori ports freebsd dan install bind nya.

cd /usr/ports/dns/bind99/
make && make install clean

Setelah instalasi selesai edit konfigurasi bind di /usr/local/etc/named.conf

vi /usr/local/etc/named.conf

uncomment pada bagian ini

forward only;

selanjutnya cari dan ubah pada bagian ini

forwarders {
      172.16.30.7
   };

silahkan disesuaikan dengan alamat DNS di tempat anda, 172.16.30.7 merupakan ip DNS server yang sebenarnya, biasanya ip DNS ini bisa anda dapatkan dari ISP masing-masing. hilangkan juga tanda /* dan */ agar opsi yang kita rubah tadi tidak di anggap sebagai comment dan tidak akan aktif. pada bagian listen-on isikan dengan 127.0.0.1 karena DNS cache server yang saya buat hanya akan digunakan untuk mesin itu sendiri, silahkan isikan ip LAN anda apabila server DNS ini akan digunakan juga untuk komputer di jaringan LAN anda.

listen-on { 127.0.0.1; };

Jalankan service bind nya dengan perintah berikut

/etc/rc.d/named start

Agar service named berjalan otomatis ketika mesin di hidupkan, maka tambahkan entri berikut di file /etc/rc.conf

named_enable="YES"

Selanjutnya ubah entri nameserver pada /etc/resolv.conf dengan alamat 127.0.0.1

nameserver 127.0.0.1

Untuk melakukan ujicoba fungsi caching nya, silahkan gunakan perintah dig ke localhost. Selesai.

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>